Saturday, May 14, 2011

2 History Of hacker And Cracker

            
Hacker muncul pada awal tahun 1960-an diantara para anggota organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Kelompok mahasiswa tersebut merupakan salah satu perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka
berkutat dengan sejumlah komputer mainframe.

            Kata hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik ketimbang yang telah dirancang bersama.

            Hacking tidak terbatas pada komputer. Arti sebenarnya dari hacking adalah memperluas kemampuan perangkat elektronik; untuk menggunakannya di luar tujuan asli dari produsen. Sebagai soal fakta, para hacker pertama kali muncul di tahun 1960 di Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan korban pertama mereka adalah kereta api listrik. Mereka ingin mereka melakukan lebih cepat dan lebih efisien. Jadi, adalah hacking selalu buruk? Tidak juga. Hanya tergantung pada bagaimana menggunakannya. Tapi itu tidak sampai sekelompok hacker ini memutuskan untuk menggunakan pengetahuan mereka dalam mainframe komputer MIT.

Tingkatan-tingkatan Dalam Dunia Hacker

Elite :

            Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka mengerti sistem operasi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrogramman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman dapat memasuki sistem tanpa di ketahui, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada.

Semi Elite:

            Hacker ini biasanya lebih muda dari pada Elite.Mereka juga mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh Hacker kaliber ini, sialnya oleh para Elite mereka sering kali di kategorikan Lamer.

Developed Kiddie:

            Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG ) & masih sekolah. Mereka membaca tentang metode hacking & caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya.Umumnya mereka masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.

Script Kiddie:

            Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

Lamer:

            Mereka adalah orang tanpa pengalaman & pengetahuan yang ingin menjadi Hacker (wanna-be Hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang Hacker & ingin seperti itu. Penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit. Biasanya melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke & DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel dsb. Karena banyak kekurangannya untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai level developed kiddie atau script kiddie saja.

Hacker dan Cracker

            Menurut Mansfield, hacker didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistem operasi dan kode komputer pengaman
lainnya, tetapi tidak melakukan tindakan pengrusakan apapun, tidak mencuri uang atau informasi.

            Sedangkan cracker adalah sisi gelap dari hacker dan memiliki kertertarikan untuk mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga melumpuhkan keseluruhan
sistem komputer.

            Hacker juga memiliki kode etik yang pada mulanya diformulasikan dalam buku karya Steven Levy berjudul Hackers: Heroes of The Computer Revolution, pada tahun 1984. Yaitu :
1. Akses ke sebuah sistem komputer, dan apapun saja dapat mengajarkan mengenai bagaimana dunia  bekerja, haruslah tidak terbatas sama sekali
2. Segala informasi haruslah gratis 

3. Jangan percaya pada otoritas, promosikanlah desentralisasi
4. Hacker haruslah dinilai dari sudut pandang aktifitas hackingnya, bukan berdasarkan standar organisasi formal atau kriteria yang tidak relevan seperti derajat, usia, suku maupun posisi.
5. Seseorang dapat menciptakan karya seni dan keindahan di komputer
6. Komputer dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

            Selama tahun 1970-an, muncul hacker yang berbeda: hacker telepon. Mereka belajar cara untuk hack sistem telepon dan membuat panggilan telepon gratis. Dalam kelompok ini orang, phreaker seorang menjadi terkenal karena penemuan sederhana. John Draper, dikenal juga sebagai Kapten Crunch, menemukan bahwa ia bisa melakukan panggilan SLJJ dengan peluit. Dia membangun sebuah kotak biru yang bisa melakukan ini dan majalah Esquire menerbitkan sebuah artikel tentang bagaimana membangun mereka. Tertarik dengan penemuan ini, dua anak, Steve Wozniak dan Steve Jobs, memutuskan untuk menjual kotak-kotak biru, memulai persahabatan bisnis yang mengakibatkan pendirian Apple.

            Pada tahun 1980-an, phreaks mulai bermigrasi ke komputer, dan Buletin Board Sistem pertama (BBS) muncul. BBS adalah seperti kelompok yahoo hari ini. BBS digunakan oleh hacker khusus di tips tentang cara untuk masuk ke komputer, bagaimana menggunakan nomor kartu kredit curian dan berbagi dicuri password komputer.

            Tidak sampai 1986 pemerintah AS menyadari bahaya yang diakibatkan hacker terhadap keamanan nasional. Sebagai cara untuk melawan ancaman ini,Daidakan Kongres lulus Penipuan dan Undang-Undang Penyalahgunaan Komputer.

            Selama tahun 1990-an, ketika penggunaan internet yang meluas di seluruh dunia, hacker dikalikan, tapi tidak sampai akhir dekade karena keamanan sistem menjadi mainstream di kalangan masyarakat.

            Hari ini, kita terbiasa dengan hacker, cracker, virus, Trojans, worms dll.. kita harus mengikuti untuk memerangi mereka.

Penggolongan Hacker dan Cracker

            Recreational Hackers, kejahatan yang dilakukan oleh netter tingkat pemula untuk sekedar mencoba kekurang handalan sistem sekuritas suatu perusahaan Crackers/Criminal Minded hackers, pelaku memiliki motivasi untuk mendapat keuntungan finansial, sabotase dan pengerusakan data. Tipe kejahatan ini dapat dilakukan dengan bantuan orang dalam.Political Hackers, aktifis politis (hacktivist) melakukan pengrusakan terhadap ratusan situs web untuk mengkampanyekan programnya, bahkan tidak jarang dipergunakan untuk menempelkan pesan untuk mendiskreditkan lawannya.
sumber : Catatan Facebook

2 comments:

Memorabilia said...

ane doyannya cracker sob, renyah dan garing waktu dimakan..loh! salah ya? hehe. maap. Cracker atau hacker berguna juga kalo dijalan yang benar. amiiin.. ^^

dl4s said...

Hahahahaha jadi lari ke cemilan nh :p
yupss semua klw dijalani dengn benar memang berguna tuh ^_^

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda

DOWNLOAD 4 SHARING